5 Tanda Penuaan yang Sering Dianggap Remeh, Padahal Gejala Diabetes yang Tersembunyi

folsomclassic.com – Penyakit diabetes tentu menjadi momok menakutkan khususnya bagi mereka yang memiliki faktor genetik dan kelebihan berat badan. Diabetes sendiri merupakan penyakit di mana tubuh tidak memproses gula dengan baik.

Selain dua faktor tersebut, melansir dari Healthline, menurut Tami Ross selaku Presiden American Association of Diabetes Educators mengatakan diabetes tipe 2 cenderung memengaruhi orang seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, ia menyarankan agar setiap orang yang berusia 40 tahun ke atas untuk melakukan tes skrining diabetes.

Tami Ross menambahkan bahwa para lansia sering kali menganggap beberapa gejala diabetes sebagai bagian alami dari penuaan. Alhasil, sekitar tujuh juta orang di AS menderita diabetes tipe 2 dan tidak mengetahuinya.

Berikut lima gejala diabetes yang seringkali dianggap sebagai tanda penuaan pada orang lansia.

Baca Juga:
Jangan Sepelekan, Obesitas Juga Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

Ilustrasi diabetes (Pexels/Nataliya Vaitkevich)

1. Penurunan Penglihatan

Mungkin terasa normal bagi para lansia yang mengalami hal ini. Namun yang perlu di garis bawahi menurut Ross adalah, ketika beralih dari melihat sesuatu yang dekat ke sesuatu yang jauh dan kehilangan fokus bisa menjadi pertanda gula darah yang tak terkontrol.

2. Mudah Lelah

Tubuh yang tidak dapat memproses gula dengan baik agar menjadi energi dengan benar inilah yang berdampak pada tubuh yang mudah terasa lelah karena kekurangan energi. Meskipun Anda mungkin tidak melakukan apapun.

3. Bercak pada Kulit

Baca Juga:
5 Gejala Diabetes Yang Wajib Kamu Ketahui!

Mungkin sudah biasa apabila melihat para lansia yang memiliki bercak pada kulit karena faktor umur. Sayangnya, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda diabetes karena terlalu banyak glukosa dalam aliran darah yang merusak pembuluh darah.

Kulit kering dan terasa gatal disertai kesemutan pada kaki dan tangan juga bisa menjadi tanda-tanda diabetes tipe 2.

4. Sering Haus dan Buang Air Kecil

Sering merasa haus disampaikan Ross merupakan tanda paling klasik pada diabetes tipe 2 apalagi jika disertai dengan intensitas buang air kecil yang tinggi pada malam hari.

“Tubuh sedang mencoba mengeluarkan gula yang tidak bekerja dengan baik. Kehausan membuat lebih sering minum berakibat lebih sering ke kamar mandi.”

5. Menjadi ‘Hangry”

Selain sering haus, pada diabetes tipe 2 juga terdapat gejala-gejala yang membuat seseorang menjadi lebih mudah merasa lapar dan marah. Terasa normal apabila dilihat secara sekilas pada lansia, tetapi bukan berarti bisa disepelekan.

Ross menambahkan, banyak gejala diabetes yang membuat seseorang menjadi mudah emosi karena dalam pikirannya yang selalu menginginkan ‘makan, makan, dan makan’.

(Shilvia Restu Dwicahyani)

Sumber: www.suara.com